SAMPAIKAN KRITIK, MASUKAN ATAU SARAN ANDA MENGENAI BLOG KAMI DENGAN SMS KE 021-70522100 ATAU EMAIL KE galihgumelar@gmail.com....:::...Terima Kasih Bagi Anda yang telah memberikan masukan kepada kami, semoga kami dapat lebih baik lagi memberikan informasi dan lain sebagainya.

Umrah - Ihram Dari Mikat


Empat Imam Madzhab sepakat bahwa ibadah umrah boleh dilakukan pada semua hari dalam setahun kecuali lima hari menurut ulama-ulama Hanafi, yaitu hari Arafah dan empat hari setelahnya. Mereka berpendapat bahwa mengerjakan umrah pada hari-hari itu adalah makruh mendekati haram.


Lokasi:

Tan'im:Terletak di pinggir jalan menuju Madinah, sekitar enam Km. dari Mekah.
Wadi Nakhlah:Terletak di Timur Laut ke arah Iraq, sekitar 14 Km. dari Mekah.
Ji`ranah:Terletak di Timur sekitar 16 Km. dari Mekah.
Adhah:Terletak di sekitar jalan menuju Yaman, kira-kira 12 Km. dari Mekah.
Hudaibiah:Terletak di Barat sekitar jalan menuju Jeddah. Sekarang dinamakan dengan Syumaisi kira-kira 15 Km. dari Mekah.

Alam adalah batu-batu (Tugu) yang dipahat setinggi satu meter yang terletak di tepi-tepi jalan tersebut.



Mikat-mikat makani yang ditentukan dalam nash:
adalah Zulhulaifah, untuk penduduk Madinah, Juhfah untuk penduduk Syam, Qarnulmanazil untuk penduduk Najd, Yalamlam untuk penduduk Yaman. Beliau bersabda, "Mikat-mikat tersebut adalah untuk penduduk tempat itu dan pendatang yang melewatinya yang ingin melaksanakan ibadah haji dan umrah. " Barangsiapa yang tidak sampai batas-batas tersebut, maka ia ihram dari tempat tinggalnya. Demikian pula dengan penduduk Mekah, mereka niat ihram dari Mekah. Hal ini adalah kesepakatan para ilmuan.



Juhfah adalah mikat penduduk Mesir, Syam dan siapa saja yang datang melewatinya.



Zul Hulaifah adalah mikat penduduk Madinah. Tempat air minum Bani Jasyum yang dinamakan sekarang dengan Abar (Bir) Ali. Inilah mikat yang paling jauh dari Mekah, sekitar 450 Km. dari Mekah. Unta menempuh jarak ini dalam sembilan hari perjalanan dengan kecepatan 50 Km dalam sehari atau empat Km. per-jam. Jarak ini dinamakan "satu marhalah".



Adalah gunung Musyrif di Arafah. Gunung ini dikatakan Qarnulmanazil, mikat penduduk Taif dan orang-orang yang datang melewatinya.



Dinamakan Zatu Irq karena di sana terdapat gunung Irq yang mengelilingi lembah Aqiq. Lembah ini adalah daerah perkampungan yang terletak dua marhalah (900 Km) dari Mekah. Mikat ini tidak termasuk mikat yang disebut dalam hadis Rasulullah saw, tetapi sudah disepakati oleh para ulama.



Yaitu nama satu bukuit dari pegunungan Tihamah yang terletak sekitar dua marhalah dari Mekah. Inilah mikat untuk penduduk Yaman.

0 komentar:

Posting Komentar